Friday 14 October 2011

Permesinan Bantu 8


1.      Sebuah pompa minyak lumas kerja ganda, menghisap dari sump tank yang terletak 2 meter dibawah pompa tersebut dan minyak lumas dipompa ke dalam tangki yang dipasang 10 meter diatas pompa. Tahanan-tahanan pada sisi isap dan tekan adalah 4 meter kolom minyak, langkah torak = 50 cm; diameter torak = 25 cm dan diameter batang torak = 4 cm, putaran engkol = 40 RPM; rendemen volumetrik = 0.95 ; rendemen mekanis = 0.9 ; berat jenis (B.J.) minyak pelumas = 0.92 kg / dm3.
            Ditanyakan : Daya efektif pompa dalam watt

2.         Kapal yang menggunakan bahan bakar minyak untuk menggerakkan pesawat pokok dan bantu pada umumnya mengandung air dan kotoran-kotoran mekanik.
            a.   Sebutkan cara-cara yang anda ketahui memisahkan air dan kotoran-kotoran tersebut.
            b.   Jelaskan fungsi settling tank pada sistem bahan bakar untuk motor Induk dan Bantu di kapal dan bahan bakar tersebut dipanasi sampai berapa derajat  Celcius

3.         Pada sebuah Evaporator / Fresh Water Generator tekanan rendah di kapal yang menggunakan sistem pendingin Motor Induk sebagai pemanas, sesuai manualnya Produksi air tawar mencapai 15 ton / hari, Namun kenyataannya pesawat tersebut hanya mampu memproduksi air tawar 7 ton / hari sedangkan temperatur air tawar pendingin keluar Motor Induk normal ± 70 – 750 C.
            a.   Jelaskan penyebab menurunnya Produksi air tawar tersebut.
            b.   Apakah fungsi ejector pada instalasi tersebut.
             
4.        Berilah sketsa sebuah instalasi mesin pendingin dengan 2 ruang dingin (ruang daging 
            dan ruang sayur).
            Sebutkan bagian-utamanya dan jelaskan cara menambah media pendingin bila yang dipakai adalah R-22.

5.         a.   Di kapal pompa yang dipakai kebanyakan dari jenis pompa sentrifugal, jelaskan keuntungan dan kerugian pompa jenis sentrifugal dibandingkan dengan pompa lain.
            b.   Jelaskan bahwa suhu zat cair dapat mempengaruhi tinggi isap suatu pompa. Penjelasan disertai gambar.

No comments:

Post a Comment